Wednesday 18 January 2023

ZAP Chapter 54 : Eugene Melakukan Audiensi

 "... Yuu, sudah lama sekali ya." 

Orang yang berbicara padaku adalah seorang wanita dengan penampilan ksatria kelas atas, mengenakan baju besi putih bersih dengan ukiran singa emas. 

Itu adalah wajah yang tidak asing, tapi aku kesulitan mengenalinya. 

(Airi... jadi cantik.) (Eugene)

Yang ada dalam ingatanku adalah Airi dengan seragam sekolah militernya. 

Sudah 2 tahun berlalu sejak saat itu. 

Dia terlihat lebih dewasa sekarang. 

Teman masa kecilku sekarang adalah salah satu kekuatan terkuat di Empire, seorang Heaven Knight, dan juga seorang jenderal.

Kedudukannya benar-benar berubah dibandingkan dengan aku yang bersantai-santai di luar negeri sebagai pelajar.

Ups, aku tenggelam dalam pikiranku sejenak di sana. 

Aku sedang diajak bicara. 

"Sudah lama sekali, Putri Imperial Airi." (Eugene)

Aku meletakkan tangan di dadaku dan menunduk. 

Ayahku adalah seorang bangsawan Empire, tapi aku rakyat biasa. 

Dengan demikian, ini seharusnya menjadi respon yang benar terhadap Oracle Airi. 

Jika kamu berasal dari militer, kamu harus berlutut di sini, kan? 

"Eh?" (Airi)

Apa yang datang sebagai jawaban adalah suara kebingungan.

"U-Uhm, Yuu, kamu bisa bicara dengan normal-" (Airi)

"Airi, sedang apa kamu disana?" 

Tepat ketika Airi hendak mengatakan sesuatu, seseorang berbicara padanya. 

Ketika aku melirik ke arah sana, ada seorang pria tinggi berambut pirang dan bermata biru yang terlihat seperti gambaran seorang bangsawan. 

"Berthold. Aku pernah bilang kan. Ini adalah peringkat teratas dari sekolah militer, Eugene." (Airi)

"... Aah, pria menyedihkan yang lari ke negara lain setelah gagal dalam Ujian Seleksi." (Berthold)

Kata-kata berduri kembali dari pria di sisi Airi.

Aku pernah mendengar nama Berthold sebelumnya. 

Jika aku ingat dengan benar, dia adalah seorang jenderal muda berbakat yang bangkit dari seorang bangsawan kelas rendah dan telah menonjolkan dirinya. 

Dan dia saat ini seharusnya... pacar Airi.

Sepertinya rumor itu benar. 

Mereka terlihat sangat cocok berdampingan.

"Sebentar, cara bicara seperti itu..." (Airi)

"Kita tidak boleh membuat Yang Mulia menunggu. Bagaimanapun juga, ini adalah periode yang penting." (Berthold)

"Aku tahu. Tapi biarkan aku bicara sebentar dengan Yu-" (Airi)

"Tidak ada waktu untuk itu!!" (Berthold)

Sementara aku mendengarkan pertengkaran mereka berdua...

"Oi, Eugene~, apa yang kamu lakukan di tempat seperti itu?" 

Nama saya dipanggil oleh suara yang longgar dan akrab. 

Alasan mengapa suaranya sedikit lebih serak dari biasanya mungkin karena dia minum terlalu banyak kemarin. 

""Imperial Sword-sama!!""

Airi dan ksatria di sisinya buru-buru memperbaiki postur tubuh mereka. 

"Oh, kamu bersama Airi-chan dan Ber-kun? Apa aku mengganggu?" 

Ayah tidak cocok dengan istana imperial. Dia berpakaian santai seperti biasa dengan katana yang tergantung di pinggangnya.

"Tidak, tidak sama sekali! Hei, Airi, ayo cepat temui Yang Mulia." (Berthold)

"O-Oke..." (Airi)

Jenderal yang dipanggil Berthold pergi ke ruang audiensi di mana Yang Mulia berada bersama dengan Airi.

Airi melihat ke belakang berulang-ulang, sepertinya ingin mengatakan sesuatu, tapi tidak mengatakan apapun pada akhirnya.

"Kenapa kamu ada di tempat seperti ini, Eugene? Apa kamu lupa surat pengantarnya?" 

" Aku sudah menunjukkannya, tapi mereka bilang tidak bisa membacanya." (Eugene)

"Hm? Tidak bisa membacanya?" 

"Ya, aku bisa membacanya sih." (Eugene)

Aku memberikan amplop itu kepada Ayah. 

Ksatria resepsionis memiliki wajah pucat dan berlari ke sini kemungkinan besar setelah mendengar percakapan itu.

"Saya minta maaf yang sebesar-besarnya, Imperial Sword-sama!" 

"Aah, tidak apa-apa, tidak apa-apa. Maaf tulisanku jelek sekali." 

Ayah menepuk bahu ksatria yang benar-benar pucat dan menuju ke ruang penonton dengan santai. 

Setelah berjalan beberapa langkah, dia berbalik.

"Oi, Eugene, ayo masuk." 

"Aku juga?" (Eugene)

"Tentu saja. Aku berjanji kamu akan menemui Yang Mulia pada siang hari." 

"... Aku tidak mendengarnya dan sekarang sudah terlambat 10 menit." (Eugene)

"Ya, kita terlambat, jadi ayo cepatlah." 

Menurutmu, salah siapa aku terlambat?!! Aku menelan kata-kata itu tepat sebelum keluar dari mulutku. 

Aku mengikuti Ayah dan melewati pintu raksasa ruang penonton. 

◇◇

-Di hadapan Yang Mulia Kaisar. 

Sebenarnya, aku belum pernah berbicara dengan Yang Mulia secara langsung. 

Pada saat dia menjadi putra mahkota, Ayah selalu bersamanya selama 24 jam sehari, jadi aku sering bertemu dengannya. 

Dia rupanya menghadapi banyak percobaan pembunuhan saat menjadi putra mahkota. 

Dia sering datang ke rumah kami, makan, minum alkohol, dan bersantai. 

Dia akrab dengan ayah, jadi aku ingat dia adalah seorang yang mudah bergaul. 

Aku ingat menonton ini dengan agak bingung bersama Airi. 

Aku hanya mendengar tentang dia dari Airi dan Ayah setelah dia menjadi Kaisar. 

Ayah berkata 'dia menjadi serius' dan menyesalkannya, sementara Airi mengeluh 'Chichi-ue tiba-tiba menjadi tegas!' {TLN: Chichi-ue = ayah}

Aku mendengarkannya sambil berkata 'Oh, begitu'.

Itu semua adalah hal-hal yang tidak aku lihat dengan mata kepalaku sendiri.

Setelah kalian lulus dari sekolah militer, ada sambutan langsung dari Kaisar ketika kalian masuk militer. 

Kalau kamu naik pangkat, seharusnya ada kesempatan untuk mengobrol dengannya -itulah yang aku pikirkan saat itu. 

Dan akhirnya, hari ini...

Aku akhirnya menghadap Yang Mulia...

"Sudah lama sekali, Eugene." 

Suara Yang Mulia terdengar lebih dingin daripada yang ada dalam ingatanku.

"Sudah lama sekali, Yang Mulia." (Eugene)

Aku berlutut dan menyapanya.

Pandangan sekilas yang aku dapatkan dari wajahnya membuatku merasa bahwa dia seharusnya seumuran dengan Ayahku, tapi dia adalah pria berambut pirang sehat yang terlihat jauh lebih muda darinya. 

Cara dia memandang ke bawah dengan wajah serius memiliki keagungan seorang Kaisar. 

Yang di sebelah kanan Kaisar adalah Ayahku - Imperial Sword. Dia menguap seperti mengantuk. 

Lalu, di sebelah kanannya, ada Perdana Menteri-atau setidaknya begitulah seharusnya, tapi Perdana Menteri Leopold yang aku kenal tidak ada di sana. 

Yang menggantikannya adalah seorang wanita cantik yang tidak diketahui usianya... kemungkinan besar lebih muda dari Kaisar. 

Apakah Perdana Menteri Leopold sudah pensiun? 

Jika aku tidak salah ingat, usianya sudah lebih dari 70 tahun. 

Tidak aneh jika dia sudah pensiun. 

Orang tua yang memanjakan aku dan Airi seperti cucunya sendiri. 

Aku ingin menyapanya setelah sekian lama...

Ngomong-ngomong, apa itu Perdana Menteri yang baru? 

Dia tidak diragukan lagi berdiri di posisi Perdana Menteri.

Satu-satunya yang bisa berdiri di ketinggian yang sama dengan singgasana Kaisar adalah: Imperial Sword dan Perdana Menteri. 

Itulah mengapa dia pasti orangnya. 

(Bukankah dia terlalu muda, bagaimanapun kamu melihatnya...?) (Eugene)

Kaisar melanjutkan sementara pikiranku mengembara. 

"Eugene, kamu telah menunjukkan prestasi yang patut dicontoh dengan kemenanganmu melawan Divine Beast Cerberus dan Maou Erinyes. Bagus sekali." 

Suara Kaisar terdengar jelas di ruang penonton yang luas. 

"Aku merasa sangat terhormat dengan kata-kata Anda. Terima kasih banyak." (Eugene)

Aku memberikan jawaban yang aman untuk saat ini.

"Ketika kamu berhasil melewati Lantai 100 Dungeon Terakhir, Zenith Tower Babel, ada hukum di Empire yang menyatakan bahwa kamu memenuhi syarat untuk memiliki hak yang setara dengan Golden Knight Captain. Jika kamu menginginkannya, aku bisa memberimu posisi itu, Eugene. Bagaimana?" 

"Itu..." (Eugene)

Aku teringat kata-kata Mazio. 

Kata-kata terima kasih dari Kaisar. 

Tapi aku tidak boleh menerimanya begitu saja... Sementara aku memilih kata-kataku...

"Maaf karena kelancanganku, tapi saya punya nasihat untuk Yang Mulia Kaisar!" 

Sebelum aku bisa menjawab, ksatria yang bersama dengan Airi, Berthold, menyela. Tidak, dia seorang jenderal, ya. 

"Dalam pertempuran melawan Maou sebelumnya, dia mendapat bantuan dari orang dunia lain, Ifrit dan calon Holy Maiden terbaik dari Negara Suci Caldia. Menurut saya, kemenangannya tidak akan mungkin terjadi tanpa mereka. Bukankah terlalu terburu-buru untuk mengakuinya sebagai Kapten Golden Knight?!" (Berthold)

Sebuah penolakan yang jelas. 

Apakah boleh memberikan saran yang begitu berani melawan kata-kata Kaisar? 

Aku memikirkan hal itu dan wajah Kaisar berubah menjadi sedikit tidak senang. 

"Aku tidak meminta pendapatmu. Mundurlah." 

"... Maafkan saya." (Berthold)

Jenderal Berthold menunduk dan menutup mulutnya. 

"Baiklah, Eugene, bagaimana?" 

"......" 

Oi oi, semakin sulit untuk menolak. 

Apa yang harus aku katakan? -saat hal ini terjadi... sebuah suara lirih terdengar di aula yang sunyi. 

"Oi, Eugene, kamu tidak lupa dengan ajaran keluarga Santafield, kan?" 

Apa yang kau katakan dalam situasi ini, Oyaji?! Aku menahan diri untuk tidak meneriakkannya dan mengingat kata-kata yang takkan kulupakan. 

-Tepati janjimu.

Kata-kata yang terus menerus dikatakan oleh Ayah sejak aku masih kecil. 

Tidak ada kemenangan yang layak bagi seorang swordsman yang tidak bisa menepati janjinya. 

Itu adalah ajaran keluarga kami dan aturan tegas. 

-Sumire... mari kita menuju lantai 500 bersama-sama.

Ada janji yang belum kupenuhi. 

Itu sebabnya apa yang harus kukatakan pada Kaisar di sini adalah...

"Maafkan aku. Ada sesuatu yang masih harus kulakukan di Akademi Magic. Aku tidak bisa kembali ke Kekaisaran sampai saat itu. Aku tidak bisa menjadi Golden Knight." 

Aku menolak tawaran Kaisar.

Aula menjadi berisik. 

Namun, aku tidak akan menarik kembali perkataanku. 

"Kurang ajar!" 

"Membuang kebaikan Yang Mulia Kaisar?!" 

"Hanya seorang rakyat jelata!" 

Ya, mereka benar-benar marah di sini. 

Sepertinya Ayah tidak akan memberikanku bantuan sekoci. 

"Maa maa, tidak apa-apa kan? Benar kan, Yang Mulia? Anda akan mendukung perjuangan swordsman muda dengan hati yang teguh, kan?" 

Ini adalah saat wanita di sebelah kiri Kaisar berbicara untuk pertama kalinya. 

Keributan berhenti dengan bersih. 

"Tentu saja." 

Kaisar berkata dengan sedikit cemberut dan berdiri. 

Apakah aku telah menyakiti perasaannya? 

Dia menghilang lebih jauh ke dalam aula. 

Wanita Perdana Menteri itu juga menghilang, seolah-olah mengejarnya.

Dan oyaji... dia menguap. 

Ano saa...

Ya sudahlah.  {TLN: Maa ii ka.}

Dia sama seperti biasanya. 

Tampaknya akan ada rapat militer setelah itu, jadi aku diusir sebagai warga sipil. 

Aku membungkuk ke arah orang-orang kelas atas di aula dan pergi. 

"... Yu." 

Aku mendengar suara itu tiba-tiba. 

Aku menoleh ke arah suara itu, tapi ada begitu banyak orang, aku tidak bisa melihat Airi. 

◇◇

Aku kembali ke koridor Istana Einherjar.

"Pertemuan dengan Yang Mulia Kaisar ditutup untuk hari ini! Datanglah besok!" 

Suara itu berdering. 

Sepertinya waktu audiensi untuk hari ini sudah berakhir. 

(... Apa itu salahku?) (Eugene)

Kalau memang begitu, aku merasa sangat bersalah. 

Aku meminta maaf kepada mereka dalam hati. 

Namun, masalah pribadiku sudah selesai. Tidak ada gunanya tinggal di istana lagi. 

Tepat ketika aku mulai berjalan ke pintu keluar untuk kembali. 

"Eugene-dono, tolong tunggu!" 

Aku dipanggil untuk berhenti.

Ketika aku menoleh ke belakang, ada seorang ksatria yang mengenakan baju besi emas. 

(Seorang golden knight... di bawah yurisdiksi langsung Kaisar?) (Eugene)

Aku tidak ingat pernah melihat wajah orang ini sebelumnya. 

"... Ada apa?" (Eugene)

Aku menjawab dengan sedikit waspada. 

Meskipun begitu, saat ini kita sedang berada di dalam Istana Einherjar. 

Walaupun dia tidak dikenal, tidak mungkin dia adalah orang yang mencurigakan. 

Selain itu, lambang di bagian dada memiliki dua sayap. 

Dengan kata lain, dia lebih tinggi dari seorang letnan. 

"Perdana Menteri Catherine memiliki sesuatu untuk dibicarakan denganmu, Eugene-dono!" 

"... Perdana Menteri-sama, denganku?" (Eugene)

Aku tidak kenal dengannya. 

Aku meninggalkan Empire 2 tahun yang lalu. 

Perdana Menteri yang baru pasti menjabat setelah itu. 

Kalau begitu, dia seharusnya tidak mengenalku.

"Jika Anda memiliki rencana lain sebelumnya, dia bilang Anda bisa datang di lain waktu. Bagaimana?!" 

"... Aku punya waktu. Aku bisa pergi sekarang." (Eugene)

Sepertinya aku tidak bisa membuat alasan untuk melarikan diri dari yang satu ini. 

Aku mengikuti Golden Knight dan dipandu ke pintu besar di sisi pintu yang mengarah ke ruang audiensi Kaisar. 

Aku tahu tempat ini.

Itu adalah ruangan mantan Perdana Menteri Leopold. 

Aku sering menggunakan tempat ini untuk bermain dengan Airi.

... *Knock Knock*

Golden Knight mengetuk pintu. 

"Silahkan masuk." 

Suara wanita yang sedikit tinggi terdengar dari dalam.

"Silahkan masuk, Eugene-dono." 

Sepertinya dia hanya menuntunku sampai sini saja. 

"... Maaf mengganggu." (Eugene)

Aku melangkah masuk ke ruangan Perdana Menteri yang sering aku kunjungi di masa kecilku sambil sedikit gugup.


PREV TOC | NEXT