Saturday 9 July 2016

1-3. Awal Hidup Berkelana

“Halo, Suzuki disini. Nama karakterku Satou, tapi aku Suzuki.”

Aku ingin berbicara dengan seseorang daripada monolog seperti ini!

Karena mimpi ini terus berlanjut tanpa ada tanda akan berhenti, aku memutuskan untuk mencari pemukiman penduduk.
Untungnya di sudut peta yang luas, ada semacam jalan besar.

3 hari telah berlalu. Aku sudah berjalan siang dan malam tapi baru setengah jalan sampai tujuan.
Stamina terus berkurang, tapi masih 2800/3100. Stamina berkurang sekitar 100 per hari.
Kalau ini adalah game, aku masih bisa bertahan selama 28 hari lagi, tapi aku sudah mencapai batas.

Aku tidak yakin apakah ini karena aku ada dalam mimpi, tapi aku tidak merasa lelah. Aku mengantuk, tapi aku tahan.
Sekarang aku berjalan, walaupun aku berlari konsumsi staminanya tidak teralu berbeda. Kalau aku melompat-lompat konsumsinya lebih banyak dari berlari tapi sejujurnya, masih bisa dimaklumi.
Lalu kenapa aku berjalan? Itu karena aku tidak ada kerjaan.

Kamu tidak mengerti?
Yeah.

Pada awalnya aku bernyanyi karaoke 1 orang sambil berlari.
Pada dasarnya daftar lagu aku sedikit, jadi aku kehabisan lagu dengan cepat.
Pemandangan sekitar sangat bagus, tapi sayangnya jarang berubah.

Lalu, aku memutuskan untuk membaca log yang panjang.

Aku bukan maniak teks tapi karena berjalan di jalan yang kosong tanpa suara itu menyakitkan, aku mulai membaca log dari entri paling awal.
Tentu saja, sulit untuk membaca sambil berlari, maka aku mulai berjalan. Larut dalam membaca log, aku lupa tujuan awal aku untuk mencapai jalan raya.

Log dimulai dengan [Menggunakan Magic Art: All Map Exploration], lalu pesan [Mengalahkan~] untuk mengalahkan Lizardmen (Manusia Kadal) dan Dragonewts sampai Dragon God.
Setelah itu ada [Mengalahkan Semua Musuh pada Peta] dan terakhir [Source: Menaklukkan Dragon God Valley]. Source? Apa itu? Kata misterius muncul.

Lalu log diteruskan dengan loot dan catatan level up.
{TLN: Loot, barang yang dijatuhkan monster setelah mengalahkannya. Biasanya dalam RPG}

Catatan loot menggunakan 80% dari log. Emas biasa dan perlengkapan. Lalu macam-macam material naga seperti tanduk, taring, dan sisik. Sampai sini aku bisa mengerti jumlah dan kualitas lootnya, tapi sisanya aneh.
Mayat Lizardmen dan Dragonewts disimpan dalam storage. Apakah ini untuk digunakan oleh Necromancer?
Sisanya mungkin barang sehari-hari yang digunakan oleh scale tribe seperti makanan dan bahan bakar. Tapi aku tidak bisa mengeluarkan barang seperti ini... apalagi, semuanya diberi nama [~Rusak], bukannya ini semua sampah?
torablue.blogspot.com
Seperti yang aku duga, membaca puluhan ribu detail secara keseluruhan akan menyusahkan.
Untungnya, jendela storage WW membolehkan pencarian dan klasifikasi tipe barang dan tag pengguna.

Aku mendesainnya sebagai tampilan umum untuk mengurangi pekerjaan yang dibutuhkan. Aku sedikit bangga membuatnya setara dengan OS filer mutakhir.
Tentu saja ada fungsi folder pilihan, tapi saat kau tap barang yang tersimpan dalam tas, sub-typenya akan meluas dan kamu dapat mengambilnya tanpa konfirmasi dahulu.
Tentu saja kamu juga bisa mengeluarkan barang dengan menariknya. Ditambah lagi, kamu juga bisa memberi barang yang terdaftar dalam tab custom. Ini ditambahkan karena mamasukkan kata pencarian setiap saat dalam smartphone itu menyulitkan.
{TLN: Saya ga ngerti :D Tapi ini ga penting buat cerita, jadi cukup pikir “Waah, kereen...!!”}

Yaa, ceritanya ngelantur sedikit. Aku tidak bisa menjelaskan pola program terlalu panjang.{TLN: Setuju}

Aku buka 2 jendela storage untuk memulai pengaturan barang. Pertama, aku buat folder untuk setiap tipe umum. Lalu aku akan membuat sub-folder untuk sub-tipe di dalamnya.

Dalam layar pengaturan aku mungkinkan pilihan [Automatically Stack Identical Item Type].
Tanpa dimungkinkan, jumlah total barang akan teralu banyak

Omong-omong, kami sebut penumpukan posisi seperti ini sebagai stacking di FFW dan WW. Istilah ini ada di sebagian besar RPG jadi aku akan lewatkan penjelasannya. Aku ingin tahu apakah istilah ini didapat dari menumpuk potongan di simulasi permainan papan lama? {TLN: Aku ga tau ini permainan apa}

Bagaimanapun juga

Loot emas itu sebagian besar uang.

Yang paling banyak adalah [Ancient Empire Gold Coin] . Jumlahnya 101.2K, wow. Aku coba keluarkan satu, koin ini lumayan besar dan berat. Ukurannya kira-kira sebesar koin 500 Yen dan seberat 5 koin 100 Yen... berat banget. Di dunia nyata, sekitar 2500 ton emas ditambang setiap tahun. Mengumpulkan emas sebanyak ini, memang benar-benar naga. {TLN: Kebanyakan naga di novel jepang suka benda berkilau}

Jumlah terbanyak berikutnya adalah [Saga Empire Gold Coin], sekitar 40K. Aku tertarik apakah ada banyak kerajaan atau ini adalah kerajaan baru setelah yang lama dihancurkan naga. Aku coba keluarkan yang ini juga, ukurannya sedikit lebih kecil dari koin 500 Yen tapi beratnya hanya sekitar 7 gram.

Dan yang ketiga, Crimson Treasure 30K. Uang yang seperti fantasi muncul! Setelah dikeluarkan, ini sekitar setengah berat koin emas kuno dengan penampilan seperti batu delima. Kadang-kadang, koin ini mengeluarkan kilauan cahaya dari dalam membuat kesan cyber. Sedikit misterius.

Sisanya adalah 10K koin perak dan tembaga [Ancient Empire]. [Saga Empire] dan [Shiga Kingdom] perak, perak kecil, tembaga besar, tembaga, dan sen. Perak besar, perak, tembaga milik [Drag Holy Kingdom], dan macam-macam uang dengan [~Kingdom]. Total ada 7000. Untuk sekarang, aku urut berdasarkan negara.

Tetap aja, WW dan FFW tidak ada kumpulan mata uang... Di WW disebut Wol, dan di FFW disebut Kaane, tidak ada mata uang lain selain itu.
Semua mata uang ini mungkin berasal dari macam-macam kuis yang aku tonton saat istirahat, mempengaruhi mimpi ini.

Ada juga permata, perhiasan, dan pekerjaan seni selain uang. Cincin perak sederhana, kepalan tangan zamrud, mahkota hiasan, patung emas seukuran manusia, pedang pendek yang dihias, dan banyak barang yang terlihat berharga yang berjumlah sekitar 300K.

Kebanyakan hanyalah barang biasa yang terlihat mahal, tetapi ada juga sekitar 5% magic item tercampur di dalamnya.

Informasi lengkap tentang magic item sangat panjang jadi aku baca hanya sekilas saja.
Anggap saja seperti membaca istilah di internet yang tidak kamu mengerti di papan buletin. Tidak ada perhiasan yang dinaiki di WW dan FFW. {TLN: Saya ga ngerti. Penerjemah jepang-inggrisnya juga ga ngerti.}

Setelah mengerti beberapa penjelasannya, ada beberapa hal yang menarik perhatian aku. Bisa menghasilkan 100 liter air sehari, [Hell Water Jug (Water Bottle)].

Aku mengeluarkan [Hell Water Jug (Water Bottle)] saat menemukannya dan minum airnya. Aku ingin mencuci muka dan rambut aku tapi tidak jadi karena debu dari [Meteor Shower] masih bertebaran di udara.

Hal lainnya adalah; bisa menyimpan 1000 lembar uang, [Magic Wallet], menumpuk 30 variasi tipe dari 30 barang, [30 Holding Bag]. Aku taruh 3 barang tersebut di favorit.
Karena aku punya storage tak terbatas, magic bag jadi tidak ada gunanya, tapi aku senang melihat pedang panjang keluar masuk dari tas.

Hari kedua berakhir dengan perasaan itu setelah mengatur isi brankas.





Berlanjut ke hari ketiga dengan hal ini dan itu. Jam telah melewati 0. Aku tidak yakin kalau ini benar-benar hari ketiga karena jamnya meleset setiap 4 jam.
Karena aku akan merasa lelah jika aku tidur di gurun ini, aku tetap berjalan.
Malam ini bulan purnama jadi tidak ada masalah dengan penglihatan.
torablue.blogspot.com
Memiliki prinsip menyimpan yang terbaik untuk terakhir, sekarang waktunya memeriksa senjata dan armor.

Aku urut tipenya untuk memperlihatkan material dan mayat. Berdasarkan log, hanya ada sedikit mayat Lizardmen dan Dragonewt. Ini mungkin karena meteor, setelah terkena serangan langsung, tidak akan ada sisa tubuhnya. Tetapi, ada banyak mayat naga. Log menampilkan bahwa ada 2-3 kali lebih banyak. Tempat ini menjadi versi naga dari kuburan gajah.

Kebanyakan adalah material dari bagian tubuhnya, tapi ada juga iron ingot {TLN: Besi Batang}, tumbuhan obat, kayu, dan batu. Sepertinya itu berasal dari benda-benda yang hancur terkena meteor.
Bagian tubuh dan sisik ada banyak. Mengabaikan tipenya, total ada 7.9600K. Bahkan kulit dan kulit ari naga yang tua juga ada. {TLN: Skin mold and husk. Indonesianya apaan?}

“Gede, kalau sisiknya aja sebesar ini, seberapa besar badannya?”

Kalah pada rasa penasaran, aku keluarkan sebuah sisik naga dewasa, ukurannya sekitar 50 cm. Aku coba juga keluarkan sisik Lower Dragon {TLN: Naga tingkat rendah} untuk memeriksanya, ukurannya sebesar telapak tangan.

Barang [Rusak] diletakan di folder khusus. Aku berpikir untuk membuangnya, tapi tidak jadi karena itu benar-benar akan menjadi gunung sampah.

Akhirnya, perlengkapan.

Ada sekitar 30K barang. Khususnya tombak milik Scale Tribe yang sangat banyak, barang yang diikuti [~milik Scale Tribe] ada sekitar 20K. Tidak ada magic item, semuanya barang normal yang terbuat dari tembaga atau besi. Ada beberapa armor aneh.

Aku coba mengeluarkan tombak milik Scale Tribe. Tongkat kayu dengan panjang 2 meter dan tulang yang diruncingkan di ujungnya. Tombak ini tidak bisa dipakai untuk menusuk waktu aku coba jadi mungkin ini bukan tombak untuk perang.

Magic item itu seperti [Dragon Skin Armor] atau [Dragon Scale Armor], sepertinya barang yang digunakan oleh suku yang dominan ada sekitar 100. Barang-barang itu mungkin armor milik Scale Tribe.

10K sisanya adalah pedang besar, tombak, dan busur panah yang berbasis [Dragon]. Mungkin barang-barang ini peninggalan dari orang-orang [Scale Tribe] yang mengalahkan naga.

Jenis efek spesial adalah perhiasan, tapi aku tidak mengerti efeknya jadi aku simpan dulu sekarang.

Ada beberapa barang yang menarik, terutama [Holy Sword] dan [Divine Sword].
Jiwa chuuni aku yang telah lama hilang tersentuh kembali.
{TLN: Holy Sword=Pedang Suci, Divine=memiliki sifat seperti tuhan/dewa, chuuni=mmm, ingat chuunibyou. Bingung jelasinnya.}

Kenapa semua [Holy Sword] ini diberi nama [Excalibur, [Durandal], dan semacamnya?
Ada juga katana bernama [Muramasa] dan [Kotetsu]

“Ketegangan meningkat~”

Aku senang memegang Excalibur. Harusnya lumayan berat, tapi aku ayun-ayun sembarangan pedangnya. Jejak cahaya yang indah muncul. Tapi, untuk senjata fisik bukankah pedang kurang bagus? Tapi pedang populer di game yang mencolok.
Oh iya, tidak ada nama khusus untuk [Divine Sword].

Aku berharap mendapatkan skill pedang saat aku memegang pedang, tapi itu tidak terjadi. Mungkin skillnya akan keluar setelah aku mengalahkan musuh dengan pedang.

Benda aneh juga ada. Meriam dan ballista yang biasanya diletakkan di benteng untuk melawan musuh yang terbang. Membaca deskripsinya sekilas, sepertinya barang ini tidak memakai bubuk mesiu tapi magic power.

Ada lagi, senjata api!
Handgun 100, Rifle 50, Magic powered gun {TLN: Senjata api menggunakan magic} 12. Untuk catatan, tidak ada senjata api di FFW. Tapi di WW ada meriam.
Aku keluarkan magic gun paling kecil.
Ini senjata api seukuran Derringer dengan hiasan berlebihan. Trigger Guardnya terpasang.

Di dunia nyata, senjata api memiliki pengaman, di sini ada pengaturan dengan skala 0, 1, 3, 10. Aku atur skalanya ke 1.

Aku arahkan ke batu di sekitar dengan satu tangan dan aku tarik pelatuknya.

Suara “psshh” terdengar, tapi tidak ada tanda tembakan terlihat.
Saat aku lihat batunya, ada lubang sebesar koin 10 yen menembusnya. Batunya setebal 2 meter, konsumsi MP adalah 1. Tidak ada recoil, seperti senjata laser. Ini benar-benar seperti Sci-Fi daripada fantasi.
Dengan skala diatur pada 10, batunya benar-benar hancur. Ini bisa membunuh Demon pada level Ogre dengan sekali tembak. Konsumsi MP 10.

“Ini sangat efisien sekali.”

Ini adalah item yang akan merusak keseimbangan game. Tidak ada orang yang mau menggunakan magic.

Setelah itu, aku bermain-main dengan senjata itu sambil berjalan selama 1 jam.





Selesai memeriksa barang secara keseluruhan, aku mulai berpikir tentang sesuatu yang mengganggu aku sebelumnya.

“Source itu apa ya?”
Aku menggumam ke diri sendiri.

Ini tentang [Source : Menaklukkan Dragon God Valley] dari log.
torablue.blogspot.com
...ini mungkin tidak berhubungan dengan penahanan pajak. {TLN: Source=Gensen, gensenchoushuu=penahanan pajak di sumbernya. Btw, ini catetan dari penerjemah jepang-inggrisnya}

Selain di log, tidak ada tempat lain yang menyebutkan [Source: Menaklukkan Dragon God Valley].
Biasanya aku akan mengatakan “Ini cuma mimpi” tapi ada sesuatu yang menggangguku.
Dengan adanya pergantian suasana dengan berpikir sambil berlari, aku merasa mendapatkan sesuatu, aku terbenam dalam berlari dengan perasaan yang bagus, aku merasa semuanya bagus.

Menurutku sendiri, aku tidak konsisten.
Menghabiskan beberapa hari tanpa ada pembicaraan itu memang tidak bagus. Aku tidak cocok untuk itu.

Aku sudah berjalan selama 1 hari sebelum aku sadari, dan akhirnya hampir mencapai jalan besar.
Tidak ada pemukiman manusia menurut peta. Aku bisa melihat jalan raya ini menuju ke arah barat di barat laut.
Omong-omong, tidak ada keberadaan lain selain aku ditampilkan di peta.
Aku penasaran apakah mereka lari ketakutan akibat bencana aka Meteor Shower dengan suara yang bergemuruh dan gempa bumi. {aka=also known as=juga diketahui dengan. Biasanya nunjukin nama lain/alias}
Aku berhenti berlari setengah hati dan mulai berjalan.

“Aku mau mandi~”

Tidak salah lagi, tidak mandi 3 hari membuat kepalaku gatal.
Merebus air tidak mungkin, tapi ada air. Untungnya, awan debu sudah berkurang, memungkinkan untuk membilas kotoran.

Aku simpan baju dan sepatu ke storage, mencari batu yang cocok dan membasuh air dari atas kepalaku.

“Agak dingin, tapi aku segar lagi.”

Merasa lega, aku ambil baju bersih dari loot dan menyeka airnya.
Agar bisa tidur nyenyak, aku mengeluarkan kasur dengan kanopi dari loot dan meletakkannya di tanah.

Pada hari itu, aku tidur pertama kali setelah 3 hari.

Besok paginya, aku menyadari bahwa aku bisa menjemur cucian di kanopi jadi aku cuci pakaianku dengan ember dari storage dan menggantungnya bersebelahan.

Setelah itu aku bermalas-malasan di kasur sambil memakan dendeng {TLN: Dendeng = Beef Jerky} selama setengah hari.
Aku mengharapkan ada orang lewat di jalan ini, tapi tidak ada orang di radar sampai siang.

“Kalau ini Light Novel atau manga, Aku pasti sudah bertemu putri raja diserang perampok~”

Seperti template.

“Pelayanan di mimpiku sangat buruk.”

Aku mengabaikan fakta bahwa aku mendapat harta dan level up yang signifikan, mengutuk keberuntungan aku.
Flag akan muncul kalau ini adalah mimpi atau cerita, tapi tidak terjadi apa-apa. {TLN: Flag = bendera, tapi ini bukan bendera biasa :D}

Setelah berganti ke pakaian kering, aku mulai berjalan ke arah jalan besar.