Friday 8 July 2016

1-1. Bencana Dimulai dari Death March

Bintang bertebaran
Dengan jumlah yang banyak
Kadang terlihat bintang jatuh
Saat orang melihat kejadian seperti itu, masing-masing mengucapkan harapan di hati mereka

{TLN : Death March di novel ini maksudnya saat sebuah perusahaan memiliki proyek yang sudah mendekati deadline dan memaksa karyawannya untuk kerja terus menerus untuk menyelesaikannya. Biasanya disebabkan oleh manajemen yang buruk.}

Tetapi bukankah langit terbelah oleh meteor-meteor yang jatuh?
Ditemani dengan suara bergemuruh, benda tersebut jatuh ke bumi dengan kecepatan yang luar biasa

Mungkin ada orang yang senang melihatnya di TV atau situs video… tapi tidak ada seorangpun yang mau melihat hujan ini di dekatnya

Ya, saat ini ratusan meteor berjatuhan di depan mataku

Nay

Aku seharusnya tidak menyebut hal ini seakan ini masalah orang lain. Musibah ini tidak lain disebabkan olehku.

Karena pilihan cerobohku sekitar 10 menit yang lalu, sekarang banyak meteor melubangi bumi
Menyerang sejauh belasan kilometer ke depan, menginjak-injak [musuh] di sana. Dari sudut pandangku, titik-titik merah di radar menghilang bersama nyawa mereka.

Lalu, setelah kebanyakan meteor menghilang ke bumi, suara yang sedikit tertunda menghampiri dengan sedikit getaran di tanah

Sebelum gelombang debu merayap di tanah…
Tiba-tiba, aku diserang dengan sakit yang amat sangat, seakan ini adalah semacam hukuman dewa

Kepalaku seperti terbelah

Seakan-akan badanku tercabik-cabik dan tersebar

Sesaat setelah kesadaranku terpisah dari rasa sakit, badanku disapu oleh ombak debu





Mari kita ulang waktu sedikit

Aku bekerja di hari libur untuk menemui deadline proyek yang lama tertunda. Hal yang disebut smartphone dan PC Browser game dari perusahaan besar yang mengirim programmer dari outsource subkontraktor untuk menyelesaikannya.
Perusahaan gelap sekalipun biasanya tidak menugaskan satu orang untuk menyelesaikan 2 proyek.
Tetapi programmer junior menghilang saat akan release, meninggalkan banyak bug dan perubahan spesifikasi! Sialan!

Bekerja di tempat yang mengalami banyak pergantian, programmer yang ada hanya si junior dan aku. Dengan tidak adanya jalan untuk mengantisipasi situasi ini, aku dipaksa untuk tidak hanya mengerjakan proyekku, tapi juga terlibat dengan proyek juniorku yang di ambang kehancuran.

“Oke, semua class sudah komplit, entri I/O dan komen, sisanya dokumenter otomatis dari source code, diagram relasi dan hancurkan semua bug dengan serius”

Aku mengistirahatkan leherku sebentar.
Mengamati sekitar, kantor penuh saat liburan seperti biasa. Tetanggaku, orang outsource yang bertanggung jawab dalam debugging, sedang mengeluh sambil bekerja, tapi tidak seorangpun yang berpaling dari pekerjaannya. Tidak ada ruang untuk itu. Designer di sekitar dan perencana bekerja tanpa suara dengan mata yang kosong seperti ikan mati.

Saat aku kembali dari mengambil kopi, monitor sudah selesai menampilkan bahan hasil produksi yang dibutuhkan dalam debug.

Walaupun begitu, tanpa dokumen untuk bekerja aku tidak bisa semangat.

Tidak aneh kalau junior yang langsung dilempar ke OJT komplain seperti mau mati. Di antara 4 programmer yang ada saat junior masuk di perusahaan setengah tahun yang lalu, cuma aku yang masih ada, aku sendiri tidak yakin ada berapa orang di seluruh perusahaan.

“Sa… Suzuki-san, klien klaim bahwa tingkat kesulitan WW terlalu susah untuk pemula, kita harus gimana?”

Kamu hampir bilang Satou, sial kau. Kita sudah jadi tim selama setengah tahun, jangan salah terus!

Direktur yang kelebihan berat dan perencana melihat ke sini dengan wajah kesulitannya seperti biasa.
Ditambah lagi, walaupun masalah besar muncul, dia kelihatan bahagia. Kenapa banyak orang M di antara developer?

WW adalah singkatan dari smartphone dan PC Browser game [War World]. Itu adalah game strategi umum dengan sedikit aspek sosial di dalamnya.

“Bukannya mereka bilang kalau target utama pasar ngga akan main kalau tingkat kesulitannya dikurangin lagi?”
torablue.blogspot.com
Ya, tingkat kesulitan pada saat ini diputuskan setelah banyak meeting besar dengan klien. Hal-hal pembuang waktu itu benar-benar membuang waktu eh. Menyedihkan.

“Kenapa kita ngga pake bonus yang tadinya dibatalin untuk pemula, tampilin semua musuh di peta dan 3 kali bom penghancur peta? Sama beri orang jago yang tidak pake bonus itu title langka atau semacam hadiah?”

“Karena ga ada waktu lagi, kita pake itu ajah~. Aku serahkan padamu buat impelementasinya Suzuki-san.”
Si berat berlebih mengatakanya dengan santai seperti biasa.

“Tunggusebentar. Aku masih debug MMORPG smartphone nih, kasi OK aja dulu ke klien. Ga ada waktu buat perbaikin kalo ditolak gara-gara hasilnya jelek.”
“OK. Segera aku kasi tau via telpon~”

Badan raksasa si berat berlebih menghilang ke area merokok dengan telpon di tangan.

Aku melanjutkan pekerjaan sambil diam-diam ngomel ke diri sendiri.
Tanda GO di kantor si berat berlebih menyala, dia keluar makan junk food tengah malam.

Setelah memperbaiki banyak error kecil yang ditinggalkan juniorku, aku berikan sisanya ke tim debug,
Oh iya, apa ya namanya? Biasanya tidak pernah disebut karena aku selalu menyebutnya MMO atau Roleplay. Oh iya, [Freedom Fantasy World]. Karena gampang tertukar dengan nama lama WW, [Fantasy War World], tidak ada yang memanggilnya dengan nama aslinya. Saat aku berpikir kembali tentang itu, pada dokumentasi ditandai [FFW]. Karena kita menyingkirkan [Fantasy] dari WW, sekarang sudah tidak ambigu lagi.

Saat modifikasi WW berjalan beberapa waktu, aku mengirim bug yang aku temui pada FFW ke tim debug... Hari ini begadang lagi huh?

Pemeriksaan berlanjut sampai pagi, secara ajaib program klien dari MMO-RPG diberikan.

Tentu saja, mungkin masih ada bug yang tersisa, tapi karena senjata super yang bernama [Update Patch] ada untuk program yang disebar di net, tidak perlu khawatir. Aku rasa aku bisa mendengar ejekan dari pengguna tapi aku mengantuk. Saat tim debug bekerja, aku berikan paket exe WW yang sudah dimodifikasi ke si berat berlebih via mail intra-company, lalu aku pergi ke tepat berlindung di bawah meja untuk tidur untuk pertama kali setelah 30 jam.

Ah, bahagianya. Waktu gembira untuk budak perusahaan. Untuk saat ini, tidur adalah keadilan!





Apa kamu tahu apa lucid dream itu?
Sadar bahwa kamu ada di dalam mimpi.

Saat ini, aku berada di alam liar.

Aku akan berhenti karena ini terlihat seperti kata-kata dari Pol-san.

Yap, alam liar. Aku rasa tidak apa-apa menganggapnya seperti Grand Canyon di Amerika.

Kenapa aku tahu kalau ini mimpi?

Pertama, karena aku ingat sedang tidur di bawah meja. Lainnya adalah karena aku bisa melihat [Icon] untuk 4 di kanan bawah dan [Menu] tertulis di kanan atas dari pandangan aku.

Ini terlihat seperti tampilan WW yang aku kerjakan barusan.

Tapi! Ini pertama kali aku bermimpi tentang pekerjaan yang aku lakukan saat Death March. Walaupun aku tidak yakin kenapa bukan ruang kerjaku tetapi alam liar...
Apakah karena ruangannya kering? Aku rasa itu alasannya.

Entah bagaimana menu terbuka saat aku tap dengan jariku. Sebuah jendela transparan yang sering digunakan di barang masa depan muncul di penglihatanku... Aku akui aku punya imajinasi yang buruk, aku tidak akan menjadi perencana atau designer.

Menu terbagi dalam tab untuk [INFO], [MAP], [Unit Management], [Storage], [Exchange], dan [Log], juga ada [Status], [Equipment], [Magic] dan [Skill] menu yang tidak ada di WW.

Apakah ini tercampur dengan debug FFW semalam?

Yaa, kamu tidak bisa mengharapkan konsistensi dalam mimpi sih.

Saat aku periksa Status, levelnya 1, HP, MP, Strength, dan semua atribut bernilai 10. Ini status awal yang belum diberi poin bonus. Oh iya, pemeriksaan terakhir tu pembuatan karakter.

Hmm? Di sini juga ada parameter Job Type dan Reward & Punishment {TLN: Penghargaan & Hukuman} yang tidak ada di FFW? Tercampur darimana ini?
Umur, 15 tahun... Apa aku mau punya mental anak sekolah lagi?
[Job Type : Manajemen], tapi aku tidak punya anak buah satupun!
Tapi, [Affiliation: Tidak ada]. Apakah ini tanda bahwa aku ingin ganti pekerjaan...

Kontennya benar-benar punya makna tersembunyi di dalamnya... Ah, aku ingin liburan.

Ability aneh [Unit Creation] atau [Unit Arrangement] mungkin tercampur dari WW, tapi memang ada perlunya untuk ability aneh untuk ditulis di menu? Ditambah lagi, kenapa ability terakhirnya [Indestructible]? Mimpi yang aneh.

Aku menggunakan kaos Polo, celana chino dan sepatu karet {TLN: Sneaker}. Hoy, ini pakaian aku sebelumnya. Di storage ada dompet, handphone, dan kotak kuning yang berisi makanan bernutrisi di dalamnya, 1 kotak. Dipikir-pikir, aku taruh ini di meja dengan maksud untuk memakannya, tapi aku malah tidur.

[Magic] dan [Skill] kosong.
Ada 10 Skill Point tapi sayangnya tidak ada skill untuk dipakai.

Membuka [Setting], aku tambahkan peta dan radar ke indikator dasar. Peta menampilkan area yang luas serta posisiku. Radar hampir sama dengan peta tetapi dia mencari musuh di dalam area, dan menambah kode warna untuk musuh dan unit netral.

Aku ditunjukkan dalam radar dengan titik putih kecil. Area 100 meter di sekitar ditunjukkan dengan warna abu-abu, menandakan daerah yang belum dijelajahi.

“Umu, Aku ga bisa melihat musuh. Ini waktu luang. Coba kalau ini di padang rumput, aku bisa tiduran dan tidak melakukan apa-apa.”
Aku tidak tertarik tiduran di tanah yang kasar.

Aku memperhatikan ikon “4” di pojok kanan bawah. [All Map Exploration] itu 1, [Meteor Shower] itu 3. Ini bantuan untuk newbie dari rencana dengan si berat berlebih.

[All Map Exploration] itu seperti namanya, mencari semua daerah dalam jangkauan. Dia juga memungkinkan untuk melihat informasi detail, termasuk kelemahan semua unit.
Aku pikir bahwa rentang informasinya terlalu jauh dan tidak ada kegunaanya, tapi si berat berlebih memaksanya untuk dimasukkan ke paket.

Aku coba mengetapnya seperti di smartphone.
Radarnya mencari semua musuh dan titik merah yang tak terhitung muncul. Aku rendahkan pembesaran pada radar untuk memperlihatkan area yang lebih luas.
Titik merah memenuhi setengah dari peta... Bukankah musuhnya terlalu banyak?

Aku memilih untuk menemani mereka dengan tentara aku sendiri dengan menggunakan [Unit]
Aku bersemangat untuk menggunakan pasukan kecil untuk mengalahkan pasukan besar!





Ada masa dimana aku memikirkan hal seperti itu.

[Unit Creation]... Kemungkinan untuk membuat unit, tidak ada.
[Unit Arrangement]... Tidak bisa mengatur unit yang tidak ada.

“Menyerang dengan sebuah karakter level 1 lololol”
Benar-benar mimpi. Bahkan hal yang mustahil tidak masuk akal.

Aku melirik pada ikon [Meteor Shower] di kanan bawah.

Ini adalah [Meteor Shower], penghancuran dari angkasa.

[Meteor Shower] diatur dengan parameter tekanan yang tinggi; dia dapat menghancurkan semuanya, selain bos tersembunyi terakhir dari skenario utama, dengan 1 serangan.

Ini adalah pesan untuk pemula yang mengatakan “Ratakan peta yang tidak bisa kamu selesaian dengan ini”.

Akankan anda tekan?
>Yes
YES
Heil Braiking! {TLN : Hell Breaking}

Yang terakhir sepertinya sedikit berbeda.
Mungkin efek dari begadang masih ada, aku tap ikonnya sambil memikirkan itu.
torablue.blogspot.com
...Kesunyian ini menyakitkan.
Aku mengharapkan sesuatu yang lebih hebat tapi tidak terjadi apa-apa ya?

Aku merasa sedih untuk sesaat lalu merebahkan diri. Punggung aku sakit dari tanah yang kasar.
Lalu aku melihat ke langit, sesuatu muncul di penglihatanku...
Terima kasih telah menunggu.

Kita akhirnya kembali ke adegan pembuka.

Nama asli, Suzuki Ichiro. Nama karakter, Satou. Hidup Satou di dunia lain dimulai seperti ini.






TOC | NEXT